Situs download buku SD, SMP/MTs, SMA/SMK Kelas 1 - 12 Kurikulum 2013 dan Berbagai Ebook PDF

Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013

Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 PDF

Buku IPS Kelas 8

Sudah tahukah kamu letak wilayah Indonesia dilihat dari peta dunia?

Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang sangat strategis karena terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta memiliki kondisi fisik yang bervariasi. Kondisi tersebut dapat dilihat dari segi astronomis, segi geografis, dan segi geologis. Dalam bab ini, akan dibahas masing-masing aspek yang mempengaruhi kondisi fisik suatu wilayah terutama negara Indonesia.

Pertambahan jumlah manusia atau penduduk di suatu daerah dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu :

  • Fertilitas (kelahiran) adalah tingkat kelahiran hidup dari seorang wanita selama masa reproduksinya
  • Mortalitas (kematian) adalah meninggalnya seorang penduduk menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk.
  • Migrasi adalah berpindahnya seorang penduduk dari suatu tempat ke tempat lain yang menyebabkan berkurang atau bertambahnya jumlah penduduk

Download Buku IPS Kelas 8 PDF :

Kelas 8 IPS .pdf – File size 4.77 MB

Google Drive

United Nation Development Program (UNDP) tahun 2004 mempulikasikan data, Indonesia berada pada peringkat terbawah di antara negara-negara ASEAN setelah Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Baca Juga : Download Buku Biologi Kelas 12 SMA K.13

Jika dibandingkan dengan negara-negara di dunia, Indonesia memiliki peringkat 111, yang sangat jauh di bawah Singapura yang berada di peringkat 25. Hal yang diuraikan di atas merupakan salah satu permasalahan kependudukan di Indonesia secara kualitas.

Buku-IPS-Kelas-viii-1

Kondisi yang demikian ini ternyata mempunyai hubungan yang erat dengan aktivitas manusianya. Masih ingatkah kalian bahwa kondisi sosial suatu wilayah tidak akan terlepas dari keadaan fisiknya.

Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII PDF :

File Alternatif Kelas 8 IPS .pdf – File size 9.82 MB

Google Drive

Aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan hidupnya cenderung Memiliki hubungan yang erat dengan lingkungan fisiknya, walaupun tidak sepenuhnya mutlak. Kondisi geografis ini mewarnai aktivitas kehidupan penduduk di wilayah dataran tunggi, dataran rendah, dan wilayah pantai. Demikian juga terhadap aktivitas dalam transportasi.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai hal tersebut? Apakah kalian sudah memahami betul tentang bab ini, dari soal-soal evaluasi yang dilaksanakan, mana saja yang sudah kalian pahami, dan mana yang belum kalian pahami?

Kondisi geografis suatu daerah, ternyata erat hubungannya dengan Kegiatan transportasi daerah yang bersangkutan, terbukti:

  • Di pulau Jawa transportasi yang menghubungkan antar daerah di dominasi oleh prasarana angkutan sungai
  • Kondisi geografis Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai-sungai besar, dan panjang-panjang, sehingga angkutan jalan raya antar propinsi sangat efektif
  • Di wilayah timur Sumatera yang berawa-rawa dan memiliki banyak sungai-sungai panjang dikembangkan alat angkutan air berupa speedboad dan jet foil.
  • Transportasi yang dikembangkan di Sulawesi sesuai dengan kondisi fisiknya yang dominan menggunakan pelayaran pantai dan feri

Tinggalkan Balasan